sms gratis

Minggu, 28 Oktober 2012

Tips tenangkan diri sebelum wawancara kerja

Bagi yang sudah berkali-kali melakukan pun wawancara kerja bisa menjadi hal yang menegangkan, apalagi bagi yang baru pertama kali.

Wawancara kerja adalah hal yang cukup menegangkan karena banyak hal, karena kurang percaya diri dengan kualifikasi, karena bisa mengubah alur hidup, karena merasa belum siap, dan sebagainya.

Bila Anda merasa sering takut saat akan menjalani wawancara kerja, coba lakukan tips dan trik dari situs karier Careerbuilder berikut ini:

Lihat dari sudut berbeda
Bila beberapa hari menjelang jadwal wawancara kerja mendekat Anda merasa gugup, cobalah untuk mengubah arah pandang. Pikirkan Anda sedang berada di sudut yang mewawancara kandidat pekerja.

Pewawancara kerja sebenarnya tak ingin membuat hidup Anda sengsara dengan pertanyaan-pertanyaan bak interogasi. Pada dasarnya, mereka pun ingin bisa menemukan calon pekerja terbaik secepatnya. Bila mereka tidak bisa menemukan orang terbaik, nasib pekerjaan mereka juga di ujung tanduk.

Menyadari bahwa pihak pewawancara pun ingin bekerja sama dengan Anda dan menyadari, posisi yang ada adalah sama-sama "butuh" seharusnya bisa membantu tenangkan kegugupan yang menerpa.

Persiapan!
Persiapan menentukan 90 persen dari keberhasilan wawancara kerja. Banyak literatur yang menyarankan para kandidat pekerja untuk mencoba berlatih sebelum hari wawancara. Upayakan untuk melatih tanya-jawab dengan pertanyaan-pertanyaan yang umum, seperti:

* Mengapa Anda orang yang tepat untuk posisi ini?
* Ceritakan tentang diri Anda!
* Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari diri Anda!
* Mengapa Anda mau bekerja di sini?
* Apa yang Anda pelajari di sekolah atau tempat magang yang menyiapkan Anda menjalani posisi yang lowong ini?

Penting untuk Anda menyiapkan diri dengan informasi tentang perusahaan yang dituju.

Pusatkan hari itu untuk jadwal tersebut
Waktu yang sangat sempit hanya membuat Anda stres, dan datang terlambat akan mengurangi poin Anda. Jadi, hindari keadaan serbaterburu-buru di hari wawancara kerja dengan menyiapkan segala kebutuhan sejak jauh-jauh hari. Baju, aksesori, berkas, kosmetik, dan segalanya.

Selain itu, persiapkan pula waktu seleluasa mungkin. Perhitungkan kejadian-kejadian yang bisa saja terjadi; macet, susah cari tempat kosong di lokasi parkir, cuaca buruk, jalan ditutup, atau karena Anda salah jalan. Apapun itu, kurangi kemungkinan gugup karena waktu sempit yang membuat jantung harus berdegup ekstra kencang karena terlambat.

Tenangkan diri
Setibanya di tempat wawancara, biasanya ada jeda beberapa menit untuk Anda menunggu. Gunakan waktu ini untuk menenangkan diri dengan cara Anda sendiri. Bisa dengan teknik pernapasan sambil memejamkan mata, atau apa pun. Namun, bila cara Anda adalah dengan menendang sesuatu atau dengan berpose yoga, sebaiknya lakukan di rumah sebelum berangkat. Jangan pula gunakan minuman keras atau obat-obatan untuk mencoba menenangkan diri.

Dengarkan, pikir, baru bicara
Mungkin terdengar aneh, tetapi bila Anda mencoba benar-benar berfokus pada ucapan si pewawancara, kegugupan bisa berkurang. Karena Anda berfokus pada apa yang ia lakukan dan katakan, lalu Anda berpikir sejenak untuk menjawab akan membuat Anda tidak punya ruang untuk berpikir bahwa ini adalah situasi yang menegangkan.

Siapkan pertanyaan
Umumnya, setiap pewawancara kerja akan memberi Anda waktu untuk bertanya kembali kepada mereka. Upayakan untuk menggunakan kesempatan ini sebagai waktu untuk memberi kesan unik. Coba berikan pertanyaan-pertanyaan yang menunjukkan ketertarikan Anda akan perusahaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar