sms gratis

Sabtu, 13 Oktober 2012

Cara mudah mengecek keaslian BPKB dan STNK online lewat SMS

Kegiatan jual beli otomotif memang merupakan salah satu bidang yang saat ini tengah di minati oleh masyarakat. Meskipun begitu, usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang rawan terhadap kejahatan. Salah satunya adalah penipuan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Harga yang miring dijadikan sebagai alat untuk mencari keuntungan bagi sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karenanya Anda mesti waspadai manakala ditawarkan untuk membeli mobil atau motor dengan harga yang miring alias harga yang jauh dari harga pasar. Biasanya, harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran akan membuat orang menjadi langsung tergiur dan cenderung lalai. Oleh karenanya tetaplah waspada dengan tidak begitu saja langsung mempercayainya. Secara fisik, STNK yang tidak asli akan cenderung berwarna pudar dan luntur jika terkena air. Nah, jika Anda ingin lebih aman sebaiknya periksakan STNK tersebut ke Samsat ataupun Direktorat Lalu Lintas yang terdekat.
BPKB juga tak kalah pentingnya untuk Anda waspadai keasliannya. Untuk mengecek apakah BPKB tersebut asli atau tidak dengan cara mengecek nomor rangka mesin yang tertera pada BPKB dan mesin kendaraan. Jika nomornya sama, maka hampir bisa dipastikan BPKB tersebut adalah asli. Namun jika Anda masih ragu, Anda bisa mengeceknya secara online dengan membuka situs http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/ (hanya untuk Jakarta) atau melalui SMS dengan format sebagai berikut:
 
ketik: metro(spasi)nomer plat kendaraan kemudian kirim ke 1717.
Contoh: metro b1234ehw

Tidak lama setelah SMS tersebut dikirim maka akan ada jawaban dengan pesan sebagai berikut:
B1234EHW, SEDAN, MITSUBISHI LANCER SZ 243 DX, MERAH MARUN, TH 2008, masa STNK 19-10-2013
Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi situs http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html untuk informasi lebih detail. Semoga tips serta informasi bagi Anda untuk mengetahui keaslian BPKB serta STNK dari sebuah kendaraan ini bermanfaat. Selalu waspada saat membeli kendaraan bekas (second) dan sebaiknya lakukan pembelian secara tunai agar terhindar dari berbagai macam tindak kejahatan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar