Sumber saya dapat dari salah satu tabloid
nasional. Mungkin temanya promosi untuk usaha rumah makan, tapi mungkin
juga bisa berguna untuk usaha-usaha lain. Toh biar bagaimanapun juga
namanya juga promosi.. Semua jenis usaha pasti membutuhkan promosi, dan
pastinya perbedaannya tidak terlalu mencolok.
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar usaha anda bisa terus berkembang :
1. Agar anda pemenang dalam persaingan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan :
a) Evaluasi Usaha Anda.
Menurut saya, belum tentu sepinya pembeli
dikarenakan makin banyaknya pesaing yang berjualan produk yang sama
dilokasi yang berdekatan dengan Anda. Cobalah lakukan evaluasi internal,
jangan-jangan kesalahan justru ada di usaha Anda sendiri. anda bisa
melakukanevaluasi dari marketing mix (7P) terlebih dahulu, yaitu :
- Lakukan evaluasi produk (product). Apakah produk yang anda jual kualitasnya sudah sesuai dengan segmen dan target yang Anda bidik ?
- Masalah tempat (place). Apakah tempat yang sekarang ini masih cukup strategis (aman, nyaman, dan mudah dijangkau). Bisa jadi ada perubahan-perubahan yang bisa mempengaruhi rasa aman dan nyaman para pelanggan Anda (misalnya jalan yang tadinya dua arah menjadi dua arah,dll).
- Masalah harga (price). Jangan-jangan harga makanan ditempat Anda lebih mahal dibandingkan dengan rumah makan sejenis yang lain (dengan kualitas yang sama) ?
- Masalah promosi (promotion). Siapa tahu karena merasa memiliki banyak pelanggan, Anda sudah tidak pernah lagi melakukan promosi ? Nah, menurut saya keempat hal itu harus dievaluasi terlebih dahulu baru kemudian Anda melakukan evaluasi pada P yang lain yaitu,
- SDM (people). Apakah sudah cukup ramah dan profesional dalam melayani pembeli ?
- Proses (process). Apakah proses produksi sudah dilakukan dengan benar ?
- Dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah penampilan fisik (physical evidence).
Jadi menurut saya, melakukan evaluasi kedalam jauh lebih penting dilakukan daripada mencari penyebab dari luar.
b) Bersainglah dengan Keunggulan.
Banyak orang berupaya memenangkan
persaingan dengan cara saling menjatuhkan, perang harga dan sebagainya.
Saran saya, bersainglah dengan memberi keunggulan pada produk Anda,
misalnya dengan harga yang sama (untuk produk sejenis ditempat lain),
konsumen bisa mendapatkan “keunggulan” yang Anda ciptakan. Misalnya jika
ditempat 1 porsi seharga Rp.10.000 mendapat nasi goreng + telur dadar
saja, maka Anda bisa menambahkan 1 gelas air mineralatau 1 gelas teh
manis + 1 bungkus kerupuk sebagai bonusnya. Atau Anda bisa menambahkan
irisan daging ayam sebagai nilai tambah yang bisa menarik perhatian
pembeli.
c) Berikan “Sensasi” yang Tidak Ada Ditempat Lain.
Bisa saja dengan memberikan kupon 1 nasi
goreng gratis bagi yang sudah makan 10x selama periode tertentu, atau
semisal fasilitas parkir gratis, toilet gratis atau jaminan bebas
pengamen atau yang lainnya. Ciptakanlah kreasi anda sendiri untuk
memberi “sensasi” lebih itu pada pelanggan Anda.
d) Jangan Berhenti Melakukan Promosi.
Walaupun sudah memiliki pelanggan, Anda
harus tetap melakukan promosi. Terutama jika Anda sering melakukan
kreasi dan inovasi produk. Selalu komunikasikan hal tersebut kepada para
penaggan dan calon pelanggan Anda.
e) Perlakukan Setiap Konsumen Seperti Pelanggan.
Promoso paling efektif adalah “dari mulut
kemulut”. Oleh karena itu perlakukan setiap konsumen yang datang (walau
baru pertama kali) layaknya mereka pelanggan-pelanggan lama anda.
Setiap pembeli yang diperlakukan sebagaimana layaknya seorang pelanggan
akan merasa senang, aman dan nyaman. dan, suatu saat pasti akan kembali
dengan mengajak orang lain untuk makan di rumah makan Anda.
2. Agar Anda dan usaha Anda bisa terus “survive” ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
a) “Korbankan” Margin Keuntungan Sementara Waktu.
Berkorbanlah dengan menurunkan margin
keuntungan Anda sementara waktu demi mempertahankan kualitas produk.
dalam bisnis makanan, cita rasa sangatlah penting. Jadi jangan
mengurangi bumbu dan “memangkas” resep demi mempertahankan keuntungan.
Lebih baik marginkeuntungan diturunkan daripada menurunkan kualitas
produk.
b) Selalu Berpikir Kreatif dan Inovatif.
Jangan pernah merasa “nyaman” dengan
adapa yang telah didapat saat ini. teruslah kejar kesempurnaan. Rancang
produk dan peket-paket kreatif. Dan, komunikasikan setiap produk dan
paket-paket tersebut kepada pelanggan-pelanggan anda setiap waktu.
c) Bersaing Dalam Pelayanan.
Mungkin saja, situasi dan kondisinya
sudah tidak memungkinkan lagi untuk bersaing dalam produk dan harga.
Maka yang bisa Anda lakukan adalah bersaing dalam pelayanan. Berikan
yang terbaik pasa semua pelanggan Anda. instruksikan semua karyawan anda
untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Berikan
layanan yang prima dari awal dia masuk hingga dia keluar dari rumah
makan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar