Kebutuhan
memiliki tempat tinggal yang memadai merupakan salah satu kebutuhan
pokok manusia setelah sandang dan pangan. Rumah sebagai tempat tinggal
tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung atau berteduh. Akan
tetapi sekarang ini rumah juga memiliki fungsi yang luas, selain sebagai
tempat tinggal dan berlindung rumah juga bisa menggambarkan tingkat
perekonomian pemilik rumah.
Atas alasan itu, banyak pemilik rumah
yang memakai jasa perancang untuk membantu desain rumah mereka. Hal ini
dilakukan agar rumah yang di bangun dapat memenuhi kebutuhan yang
diinginkan serta rumah tersebut dapat mencitrakan sifat sang pemilik
rumah. Sesuai dengan keahliannya dalam menemukan sebuah ide yang
bersifat abstrak, dan ide tersebut dapat diwujudkan ke kehidupan nyata
berupa desain rumah. Dalam hal ini, seorang perancang sangat berperan
penting dalam melakukannya.
Hal yang menjadi permasalahan
untuk sekarang ini, banyak masyarakat yang ingin memiliki hasrat untuk
punya rumah tinggal sendiri terhambat dengan kendala cost yang mahal.
Faktor yang menyebabkan berupa harga tanah yang mahal, kepengurusan IMB
yang lama, proses pembangunan rumah yang lama dan cost yang dikeluarkan
dalam pembangunan rumah yang begitu mahal (pembelian material bangunan
dan gaji untuk pelaksana lapangan).
Inilah yang menjadi peluang
usaha bagi developer-developer dalam pembangunan perumahan sederhana
serta memenuhi standar perumahan. Kebutuhan yang masyarakat yang
mendesak dan segera dipenuhi sangat mendorong untuk melaksanakan
pembangunan perumahan. Sehingga banyak kita lihat sekarang, pembangunan
perumahan yang menjamur diberbagai daerah baik lokasinya berada di dalam
kota maupun di luar kota.
Developer yang melakukan
pelaksanaan pembangunan perumahan memiliki berbagai cara dalam
memasarkan produk yang di desainnya. Namun pada prinsipnya sama, yang
membedakan hanya pada proses pelaksanaan dan cara pengerjaan.
Prinsip-prinsip pemasaran itu harus dimiliki dan dikuasai bagian
marketing dari developer tersebut. Prinsip-prinsip ini juga sangat
membantu setiap marketer dalam pemasaran produk yang dihasilkan pada
masyarakat banyak.
Hal apa saja yang harus dimiliki
dan dilakukan oleh seorang marketer yang bergelut dalam pemasaran
produk perumahan, berikut penjelasan;
Hal yang harus dimiliki oleh marketer dalam Pemasaran (marketing):
- Skiil berbicara
- Cara mempengaruhi konsumen secara halus tanpa adanya paksaan agar tertarik pada produk yang ditawarkan
- Publikasi produk melalui: Internet, koran, brosur, door to door, dan tabloid
- Dan lain-lain
Proses Transaksi produk Pemasaran (Marketing):
- Komunikasi saat klien menghubungi pihak marketing melalui Contact Person yang bisa di hubungi dengan cara menelpon atau kirim pesan singkat.
- Klien minta ketemu dengan pihak marketing untuk pembicaraan lebih lanjut
- Penyampaian tentang produk pemasaran secara lebih dalam yang disampaikan oleh pihak marketing kepada klien secara lengkap.
- Kesepakatan kontrak antara klien dengan pihak perusahaan biasanya langsung di ambil oleh direktur utama atau manager.
- Pengumpulan syarat pengambilan KPR untuk rumah yang dilakukan oleh Manager. Pada tahap ini manager langsung bertemu dengan klien untuk pendataan syarat-syarat pengambilan KPR Perumahan yang telah ditentukan oleh Bank bersangkutan.
- Penyelesaian kontrak KPR setelah persyaratan yang diajukan diterima oleh Bank bersangkutan.
- Pelaksanaan akad kredit. Pihak-pihak yang menghadiri kegiatan ini adalah pihak perusahaan, notaris, Bank, dan klien.
Syarat yang harus diketahui oleh seorang marketer:
- Menguasai betul produk pemasaran
- Ukuran kapling produk pemasaran
- Harga produk pemasaran
- Pengurusan kredit
- Spesifikasi produk pemasaran
- Lokasi
- Fungsi bangunan/ kapling
- Perhitungan anggaran
- Dan lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar