sms gratis

Minggu, 28 Oktober 2012

TIPS DAN TRIK MARKETING PRODUK PERUMAHAN


Kebutuhan memiliki tempat tinggal yang memadai merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia setelah sandang dan pangan. Rumah sebagai tempat tinggal tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung atau berteduh. Akan tetapi sekarang ini rumah juga memiliki fungsi yang luas, selain sebagai tempat tinggal dan berlindung rumah juga bisa menggambarkan tingkat perekonomian pemilik rumah.


Atas alasan itu, banyak pemilik rumah yang memakai jasa perancang untuk membantu desain rumah mereka. Hal ini dilakukan agar rumah yang di bangun dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan serta rumah tersebut dapat mencitrakan sifat sang pemilik rumah. Sesuai dengan keahliannya dalam menemukan sebuah ide yang bersifat abstrak, dan ide tersebut dapat diwujudkan ke kehidupan nyata berupa desain rumah. Dalam hal ini, seorang perancang sangat berperan penting dalam melakukannya.


Hal yang menjadi permasalahan untuk sekarang ini, banyak masyarakat yang ingin memiliki hasrat untuk punya rumah tinggal sendiri terhambat dengan kendala cost yang mahal. Faktor yang menyebabkan berupa harga tanah yang mahal, kepengurusan IMB yang lama, proses pembangunan rumah yang lama dan cost yang dikeluarkan dalam pembangunan rumah yang begitu mahal (pembelian material bangunan dan gaji untuk pelaksana lapangan).

Inilah yang menjadi peluang usaha bagi developer-developer dalam pembangunan perumahan sederhana serta memenuhi standar perumahan. Kebutuhan yang masyarakat yang mendesak dan segera dipenuhi sangat mendorong untuk melaksanakan pembangunan perumahan. Sehingga banyak kita lihat sekarang, pembangunan perumahan yang menjamur diberbagai daerah baik lokasinya berada di dalam kota maupun di luar kota.

Developer yang melakukan pelaksanaan pembangunan perumahan memiliki berbagai cara dalam memasarkan produk yang di desainnya. Namun pada prinsipnya sama, yang membedakan hanya pada proses pelaksanaan dan cara pengerjaan. Prinsip-prinsip pemasaran itu harus dimiliki dan dikuasai bagian marketing dari developer tersebut. Prinsip-prinsip ini juga sangat membantu setiap marketer dalam pemasaran produk yang dihasilkan pada masyarakat banyak.

Hal apa saja yang harus dimiliki dan dilakukan oleh seorang marketer yang bergelut dalam pemasaran produk perumahan, berikut penjelasan;
Hal yang harus dimiliki oleh marketer dalam Pemasaran (marketing):
  1. Skiil berbicara
  2. Cara mempengaruhi konsumen secara halus tanpa adanya paksaan agar tertarik pada produk yang ditawarkan
  3. Publikasi produk melalui: Internet, koran, brosur, door to door, dan tabloid
  4. Dan lain-lain

Proses Transaksi produk Pemasaran (Marketing):
  1. Komunikasi saat klien menghubungi pihak marketing melalui Contact Person yang bisa di hubungi dengan cara menelpon atau kirim pesan singkat.
  2. Klien minta ketemu dengan pihak marketing untuk pembicaraan lebih lanjut
  3. Penyampaian tentang produk pemasaran secara lebih dalam yang disampaikan oleh pihak marketing kepada klien secara lengkap.
  4. Kesepakatan kontrak antara klien dengan pihak perusahaan biasanya langsung di ambil oleh direktur utama atau manager.
  5. Pengumpulan syarat pengambilan KPR untuk rumah yang dilakukan oleh Manager. Pada tahap ini manager langsung bertemu dengan klien untuk pendataan syarat-syarat pengambilan KPR Perumahan yang telah ditentukan oleh Bank bersangkutan.
  6. Penyelesaian kontrak KPR setelah persyaratan yang diajukan diterima oleh Bank bersangkutan.
  7. Pelaksanaan akad kredit. Pihak-pihak yang menghadiri kegiatan ini adalah pihak perusahaan, notaris, Bank, dan klien.

Syarat yang harus diketahui oleh seorang marketer:
  1. Menguasai betul produk pemasaran
  2. Ukuran kapling produk pemasaran
  3. Harga produk pemasaran
  4. Pengurusan kredit
  5. Spesifikasi produk pemasaran
  6. Lokasi
  7. Fungsi bangunan/ kapling
  8. Perhitungan anggaran
  9. Dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar